Keunggulan BTA45 Jakarta

Try Out Unggul

Untuk siswa kelas XII, BTA memberikan pelayanan tryout rutin dengan kualitas soal yang disesuaikan dengan ujian yang sebenarnya. BTA Menggunakan kualitas Lembar Jawab Komputer yang setara dengan ujian sebenarnya dan didukung dengan mesin Scanner terbaru yang juga biasanya khusus digunakan untuk proses pengolahan data oleh panitia ujian masuk PTN. Setiap orang tua siswa akan mendapatkan laporan hasil tryout per bulan via sms dan melalui laporan khusus di akhir semester satu.

FAQ Seputar Tryout BTA 45

Kak kenapa sih perlu ikut Try out ?

Jawab :

Untuk latihan kamu  supaya terbiasa mengerjakan model soal yang akan diujikan nanti sekaligus untuk mengetahui sejauh mana progres belajar kamu.

Kak kok soalnya Try out-nya susah ya?

Jawab :

Iya kalo soalnya mudah tentu bukan tryout namanya, biasanya soal dibuat sesuai dengan bobot variasi soal yang sudah pernah dikeluarkan.

 

Bagusnya Try out skornya berapa ya?

Jawab :

Semakin tinggi semakin besar peluang kamu diterima. NIlai skor tryout BTA berkisar antara 0% - 100%, biasanya rata-rata jurusan favorit BTA membutuhkan skor tryout antara 60-70%.

 

Bagaimana cara meningkatkan skor Try out?

Jawab : 

Teori sederhananya adalah berupaya untuk mengkombinasikan antara menambah jumlah benar dan sebisa mungkin kurangi jumlah salah.

 

Bisa lihat tryout di BTA dimana ?

Jawab : Hasil tryout biasanya akan diumumkan secara bertahap paling cepat H+3 setelah tryout melalui website dan papan pengumuman yang ada di masing-masing lokasi belajar. Biasanya lebih cepat melalui website BTA45, untuk cara melihat bisa dilihat dibuku absen masing-masing.

 

Klinik Try out itu apa ya kak? Siapa aja yang boleh ikut?

Jawab :

Klinik tryout adalah program tambahan yang ditujukan bagi siswa yang nilai skor BTA-nya masih dibawah rata-rata. Kegiatannya biasanya dilaksanakan hari Sabtu-Minggu setelah hasil diumumkan dan di sms ke orang tua.

 

Target Try out BTA berapa ya sebaiknya?

Jawab :

Sebaiknya untuk semester 1 seorang siswa BTA 45 diwajibkan untuk mendapatkan skor minimal 30%, semester 2 setidaknya bisa mencapai 40%-45% dan pada saat Program Intensif meningkat menjadi 50-60%.

 

Kenapa kok tryout saya gak naik-naik ya kak

Jawab :

  1. Tidak pernah secara khusus belajar untuk menghadapi tryout
  2. Tidak pernah menentukan target capaian soal yang harus bisa dikerjakan
  3. Terlalu hati-hati dalam menjawab soal karena sistem minus
  4. Terlalu fokus di kemampuan IPA/IPS sehingga mengabaikan potensi di TPA dan Kemampuan Dasar
  5. Tingkat kesulitan soal terlalu tinggi

 

Apa itu NBA ?

Jawab : 

Nilai Batas Aman (NBA) adalah nilai/skor rata-rata dalam bentuk persentase yang berasal dari sampel siswa BTA yang diterima di PTN. Data tersebut diolah sedemikian rupa sehingga bisa digunakan oleh seorang siswa/I BTA 45 Program Khusus untuk memandu siswa menentukan strategi jurusan yang akan diambil. Karena NBA merupakan nilai/skor batas yang harus dicapai oleh seorang siswa untuk bisa diterima di jurusan yang dinginkan.

 

Bagaimana cara hitung skor Try out SBMPTN dan SIMAK UI

Jawab :

Try Out yang diselenggarakan oleh BTA 45 Program Khusus telah disesuaikan dengan pelaksanaan ujian PTN yang sebenarnya dari segi kisi dan bobot soal, durasi waktu pelaksanaan, bentuk lembar jawaban, dan mekanisme penghitungan nilai.

Cara perhitungan Skor SBMPTN

  1. Waktu Pelaksanaan Try Out diselelenggarakan sesuai pola belajar
  2. Try Out terdiri dari 2 Naskah soal yaitu TKPA dan TKD Saintek (IPA)/TKD Soshum (IPS)
  3. Jumlah soal Tes Kemampuan Potensi Akademik sebanyak 90 soal dan dikerjakan dalam waktu 105 menit yang terdiri dari 45 soal TPA, 15 soal Matematika Dasar, 15 soal Bahasa Indonesia, dan 15 soal Bahasa Inggris
  4. Jumlah soal Tes TKD Saintek (IPA) sebanyak 60 soal dan dikerjakan dalam waktu 105 menit yang terdiri dari 15 soal Matematika IPA, 15 soal Biologi, 15 soal Fisika, dan 15 soal Kimia
  5. Jumlah soal Tes TKD Soshum (IPS) sebanyak 60 soal dan dikerjakan dalam waktu 75 menit yang terdiri dari 15 soal Sejarah, 15 soal Ekonomi, 15 soal Geografi, dan 15 soal Sosiologi
  6. Skor Try Out = (total soal benar x 4) – total soal salah
  7. % hasil Try Out = Skor Try Out TKPA  + Skor Try Out TKD Saintek atau TKD Soshum / Jumlah Total Poin Seluruh Soal (600) x 100%.

Cara perhitungan Skor SIMAK UI

  1. Waktu Pelaksanaan Try Out diselelenggarakan dalam SATU hari
  2. Materi ujian Kelompok IPA à Kemampuan Dasar (60 soal, 120 menit) + Kemampuan IPA  (60 soal, 120 menit)
  3. Materi ujian kelompok IPS à Kemampuan Dasar  (60 soal, 120 menit) + Kemampuan IPS (60 soal, 60 menit)
  4. Materi ujian kelompok IPC à Kemampuan Dasar + Kemampuan IPA + Kemampuan IPS
  5. Siswa yang mengambil program IPC akan memiliki 2 jenis nilai, yaitu nilai ujian kelompok IPA dan nilai ujian kelompok IPS
  6. Berlaku sistem minus yaitu setiap soal benar bernilai (+4) dan setiap soal salah bernilai (-1)
  7. Skor Try Out = (total soal benar x 4) – total soal salah
  8. % hasil Try Out = Skor Try Out Kemampuan Dasar  + Skor Try Out Kemampuan IPS atau IPA/ Jumlah Total Poin Seluruh Soal x 100%